PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

SIMARI Terus Dievaluasi

Kemasyarakatan    3 tahun yang lalu   
   721 Kali

Sumber Foto: Sistem Informasi Admisi Rumah Sakit (SIMARI) merupakan salah satu aplikasi andalan yang menjadi backbone dalam sistem pelayanan kesehatan di RSUD A. M. Parikesit Tenggarong Seberang.

TENGGARONG -Sistem Informasi Admisi Rumah Sakit (SIMARI) merupakan salah satu aplikasi andalan yang menjadi backbone dalam sistem pelayanan kesehatan di RSUD A. M. Parikesit Tenggarong Seberang. Saat ini SIMARI menunjukkan performance yang baik dalam memberikan informasi ketersediaan bed bagi pasien yang akan menjalani rawat inap. Hal itu dikemukakan oleh Direktur RSUD A. M. Parikesit, dr.

Martina Yulianti, Sp. Pd., FINASIM setelah melakukan evaluasi terhadap performance SIMARI bersama Dalam kesempatan itu Direktur RSUD A. M. Parikesit mengatakan bahwa pihak management RSUD A. M.Parikesit sangat memperhatikan kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat Kutai Kartanegara,
terutama bagi masyarakat yang tidak mampu dengan menyediakan 171 tempat tidur untuk kelas 3 atau 46% dari jumlah total tempat tidur yang tersedia. Hal ini melampaui standard Permenkes No. 56 Tahun 2014 yang menetapkan standard sebesar 30% dari total tempat tidur yang tersedia. Sebelumnya untuk kelas 3 hanya tersedia 151 tempat tidur.

Kebijakan RSUD A. M. Parikesit tentang pelayanan kelas 3 dituangkan dalam SK Direktur No.445/012/180/188.43/2016 Tanggal 1 Februari 2016 bahkan menyatakan bahwa pasien kelas 3 bisa ditempatkan untuk sementara waktu di kelas di atasnya apabila ruangan kelas 3 penuh dengan tarif Berdasarkan evaluasi pada SIMARI sebelumnya didapatkankan data yang berpola bahwa daftar tunggu untuk kelas VIP adalah 3 hari, kelas 1,2, dan 3 adalah 1-2 hari. Dari situasi tersebut banyak warga Kutai Kartanegara yang menginginkan privacy dengan fasilitas single bed lebih memilih untuk menjalani rawat inap di kota Samarinda. Dari kondisi ini pihak management memandang perlu untuk melakukan penataan ulang ruang rawat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan untuk menjawab berbagai permasalahan dari jauhnya jarak jika warga Kutai Kartanegara berobat ke kota lain.

Direktur RSUD A. M. Parikesit mengatakan bahwa pihak management sangat menghargai kritik dan saran dari seluruh stakeholders untuk dapat meningkatkan performance pelayanan kesehatan menjadi lebih baik. Untuk itu perlu kerjasama yang solid dan pentingnya penegakan disiplin bagi tenaga medis dan management. Masyarakat diminta melaporkan jika ada dokter dan tenaga medis yang lain yang melakukan praktek di luar pada jam kerja pelayanan di rumah sakit. Laporan warga dapat disampaikan pada website www.rsamp.id dan pada social media di facebook dan twitter. Hal ini merupakan bagian dari implementasi reformasi birokrasi yang telah digalakkan oleh Kabupaten Kutai Kartanegara.(hms.DI.07)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini16 pengunjung
Minggu Ini957 pengunjung
Bulan Ini3.888 pengunjung
Total Pengunjung14.303 pengunjung
Total Klik382.197 Kali