PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Rakor Satu Data Indonesia Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara 2019

Kemasyarakatan    1 bulan yang lalu   
Operator1    27 Kali

Sumber Foto: PJ

TENGGARONG -Rapat Koordinasi Satu Data Indonesia Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara digelar hari ini Rabu (11/12) di Gedung Bappeda lantai 1. Rakor dihadiri oleh Kepala Diskominfo Kukar dan para pejabatnya, Bappeda dan seluruh perwakilan OPD. Pihak panitia pelaksana Ery Hariyono Kasi Data Statistik Sektoral Diskominfo mengatakan bahwa program Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagikan antar instansi melalui pemenuhan standard data, metadata, interoperabilitas data, dan menggunakan kode referensi dan data induk.

Dikatakan oleh Ery bahwa tujuan rakor ini adalah sosialisasi/desiminasi kepada seluruh pemangku kepentingan pelaksanaan tatakelola data di Pemkab Kukar. Selain itu adalah untuk menyatukan persepsi semua pihak. Kadiskominfo Bahteramsyah membacakan pidato Bupati mengatakan bahwa rakor Satu Data Indonesia tingkat kabupaten Kutai Kartanegara adalah upaya sosialisasi dan implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia. Kegiatan ini merupakan sarana komunikasi dan koordinasi dari forum Satu Data Indonesia.

Bahteramsyah mengatakan bahwa data merupakan komponen utama dalam perencanaan pembangunan. Namun dalam faktanya institusi pemerintah tidak semua memiliki kemampuan dalam melakukan klasifikasi pengategorian dan mengintegrasikann dan menyimpan data dengan baik yang dapat dimanfaatkan secara positif oleh siapapun yang memiliki akses. Untuk itu diperlukan koordinasi, adanya alur data yang jelas, adanya standardisasi data dan metadata. Untuk itu diharapkan tiap OPD melakukan pengumpulan dan klasifikasi data sesuai kebutuhan dengan referensi yang berbeda. Dari situasi itu diharapkan tidak perlu lagi ada ego sektoral dalam mewujudkan Satu Data Indonesia yang menjamin terbukanya akses informasi publik, mendorong partisipasi publik dalam pengambilan kebijakan publik dan pengelolaan badan publik.

Untuk dapat mewujudkan Satu Data Indonesia Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara diharapkan Bappeda Kukar sebagai koordinator forum untuk dapat berkoordinasi dengan semua pemangku kepentingan data di Kukar untuk dapat bersinergi dan selaras dengan arah kebijakan pendataan yang telah ditetapkan. Diharapkan Diskominfo sebagai walidata dapat melakukan pembinaan sumberdaya manusia di bidang pendataan dan peningkatan teknologi yang mendukung terciptanya data yang baik dengan prinsip satu standard data, metadata, dan interoperabilitas. Diharapkan juga pihak Badan Pusat Statistik Kukar sebagai pembina agar dapat memberikan input dan kerjasama dalam tatakelola data di lingkungan Pemkab Kukar. Bahteram mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan kesatuan pola pikir dalam tata kelola data sehingga dapat diwujudkan data yang valid dalam menunjang akurasi perencanaan pembangunan.

Selanjutnya pihak pembina diwakili oleh Kepala BPS Kukar Gandhi, walidata diwakili oleh Kadiskominfo Kukar Bahteramsyah, dan pihak koordinator forum diwakili oleh Kabid Perencanaan dan Pengendalian Daerah Bappeda Kukar Syaiful Bahri. Ketiga pihak tersebut bergantian memaparkan peran masing-masing dalam program Satu Data Indonesia tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dari pihak peserta Zainul Effendi Joesoef Kasi Pengelolaan Opini Publik Diskominfo menanyakan tentang siapa yang memiliki otoritas dalam menetapkan klasifikasi data dalam program Satu Data Indonesia. Hal tersebut berkaitan juga dengan keterbukaan informasi publik dan implementasinya dalam aplikasi pada indeks data pada search engine pada website. Sedangkan Hendri Rosandi Kasubag Penyusunan Program dan Keuangan di Dinas Koperasi dan UKM tentang semakin beratnya beban kerja penyusunan program yang diharapkan ada kebijakan tentang tata kelola data di OPD agar tidak hanya bertumpu pada unit penyusunan program. (pj)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini9 pengunjung
Minggu Ini681 pengunjung
Bulan Ini2.644 pengunjung
Total Pengunjung9.988 pengunjung
Total Klik214.179 Kali