PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

PPID Pembantu Sekretariat Daerah Kukar Gelar Rakor

Kemasyarakatan    8 bulan yang lalu   
Operator1    98 Kali

Sumber Foto: info.prokom/pj

TENGGARONG -Mendapatkan informasi dan pelayanan publik adalah hak masyarakat yang dijamin dengan undang-undang. Payung hukum dari hak masyarakat tersebut terdapat dalam Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik dan Pelayanan Publik. Dalam implementasinya hal itu tidaklah mudah dimanifestasikan. Hal ini dapat dilihat dari fakta Semakin tingginya kuantitas dan kualitas permohonan informasi dan public complain di media cyber milik Pemerintah Daerah dan berbagai media non pemerintah.

Berkaitan dengan realitas tersebut PPID Pembantu Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar rapat koordinasi yang dihadiri Bagian, Dinas, Badan, Kantor, Kecamatan, BUMD, dan berbagai institusi lain untuk membahas pelayanan terhadap permohonan informasi dan public complain. Rakor digelar pada hari Rabu, 4 Desember 2019 bertempat di Ruang Serba Guna Gedung B Kantor Bupati Kutai Kartanegara di Tenggarong dibuka oleh Asisten I Akhmad Taufik Hidayat dan dipimpin oleh Kasubag Informasi/Plt. Kabag Prokom Joni Ringgo.

Presentasi yang disampaikan oleh Joni Ringgo mewakili Sekretaris Daerah dan Zainul Effendi Joesoef, memantik diskusi yang hangat diantara para peserta. Dikemukakan oleh Joni Ringgo realitas-realitas berkaitan dengan pelayanan permohonan informasi dan public complain. Dikemukakan juga analisis terhadap realitas tersebut. Pembahasan yang dikemukakan adalah pentingnya perhatian pada ruang publik politik virtual di berbagai media milik Pemda Kukar ataupun pada BUMD dan komunitas. Kedua, perlunya regulasi dan koordinasi yang mengatur kewajiban bagi OPD untuk merespons permohonan informasi dan public complain. Ketiga, perlunya regulasi dan koordinasi yang mengatur kewenangan institusi yang berkewajiban mengelola ruang publik yang membahas permohonan informasi dan public complain. Keempat, perlunya membuat saluran komunikasi untuk keperluan koordinasi diantara OPD. Kelima, perlunya memberikan reward dan punishment bagi penanggung jawab urusan di OPD berkaitan dengan keterlambatan dan tidak diresponsnya permohonan informasi dan public complain.

Dari peserta rakor menyampaikan pentingnya pengembangan dan peningkatan SDM pengelola permohonan informasi dan public complain. Selain itu adalah pentingnya komitmen bersama tiap OPD untuk menanggapi public complain. Disampaikan pula bahwa beberapa OPD yang menangani permohonan informasi dan public complain tidak ada penunjukan secara resmi. Disarankan pula bahwa pengelola harusnya memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam merespons permohonan informasi dan public complain. Beberapa peserta memandang penting adanya aplikasi yang sederhana dan mudah diakses publik dalam menyampaikan permohonan informasi dan public complain.

Rapat koordinasi yang digelar sejak pukul 9.15 wita berakhir pada pukul 11.45 wita tersebut melahirkan beberapa poin rekomendasi bersama. Pertama, membentuk dan mengaktifkan PPID Pembantu di masing-masing OPD. Kedua, perlunya media koordinasi diantara OPD dan perlunya group khusus dalam penanganan kasus darurat. Ketiga, Perlunya sosialisasi oleh pejabat kunci tentang implementasi PPID dan respons terhadap public complain. Keempat, Perlunya penunjukan secara resmi administrator media pada pengelolaan permohonan informasi dan public complain. Kelima, Perlunya tiap OPD untuk melakukan klasifikasi informasi yang bersifat sertamerta, dikcualikan dan perlunya dilakukan uji konsekuensi. Keenam, Perlunya pelatihan tentang media dan jurnalistik secara berkala bagi para administrator di masing-masing OPD. Ketujuh, Mendorong terwujudnya aplikasi yang mengintegrasikan permohonan informasi da public complain yang komunikatif, responsif, efektif, dan efisien. Kedelapan, Perlunya koneksi yang terintegrasi antara PPID Utama di Diskominfo dan PPID Pembantu di OPD. (info.prokom/pj)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini198 pengunjung
Minggu Ini1.588 pengunjung
Bulan Ini5.937 pengunjung
Total Pengunjung40.829 pengunjung
Total Klik1.107.719 Kali