PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

PLTS, 24 Jam Terangi Muara Enggelam

Kemasyarakatan    4 tahun yang lalu   
   1060 Kali

Sumber Foto: Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah saat memberikan penjelasan setelah meresmikan PLTS yang berada di Muara Enggelam Kecamatan Muara Wis.

TENGGARONG -Jika selama ini warga Desa Muara Enggelam hanya menikmati aliran listrik pada malam hari saja atau sekitar  10 jam. Namun kini warga telah merasakan nikmatnya  aliran listrik siang malam  atau 24 jam. Hal itu berkat kehadiran PLTS berkekuatan 30 kilowat yang dibangun pemerintah pusat melalui Direktorat Aneka Enerji Baru dan Enerji Terbatukan Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral RI 2014 lalu. 

Kapasitas terpasang PLTS sangat terbatas yaitu setiap rumah warga di beri jatah 260 watt. Jika melebihi kapasitas   yang diberikan secara otomatis jaringan listrik di rumah akan mati. Listrik yang dihasillan PLTS ini didistribusikan   ke 169 rumah warga dan merupakan pembakit listrik pertama di Kukar yang sumber penggeraknya barasal dari  terik matahari yang kemudian ditampung melalui panel matahari selanjutnya energy panas matahari disalurkan dan dihimpun dalam sejumlah batrai untuk kemudian di distribusikan sebagai tenaga listrik kerumah warga.

Selasa (15/16) Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah telah meresmikan PLTS  yang berada di Muara Enggelam Kecamatan Muara Wis. Diharapkan dengan adanya PLTS ini dapat terus mendorong peningkatan perekonomian di desa masing-masing, dan memastikan Muara Enggelam menjadi contoh desa yang berhasil mengelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdesnya).Terang Edy.

Menurut kepala Dinas Pertambanggan dan Energi (Distamben) Kukar Slamet Hadi Raharjo,”Dalam pengelolaan serta perawatan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) komunal tersebut paling mudah dan tidak rewel namun perlu diperhatikan hanya baterainya saja dikarenakan harus ada keseimbangan antara tenaga yang didapatkan dengan penggunaan sehari-hari”,Jelas Slamet.(Hms.DI.07)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini18 pengunjung
Minggu Ini996 pengunjung
Bulan Ini3.790 pengunjung
Total Pengunjung27.626 pengunjung
Total Klik804.096 Kali