PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Kemenag Kukar Bina Penyuluh Agama Islam Non PNS

Kemasyarakatan    4 minggu yang lalu   
Operator1    10 Kali

Sumber Foto: Sekkab Kukar Sunggono saat menyerahan SK penyuluh agama islam Non PNS 2020 - 2024.

TENGGARONG –Era moderen menjadi tantangan utama bagi para penyuluh agama Islam untuk berkreasi dalam menyuluh masyarakat. Inovasi suluhan agama Islam yang adaptif terhadap perkembangan zaman namun tetap berpihak pada syariat Islam tentunya sangat dibutuhkan oleh penyuluh agama Islam. Hal itu dikatakan Sekretaris Kabupaten Kutai Kartanegara Sunggono, saat membuka pembinaan penyuluh agama Islam non PNS di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Kukar di Pendopo Odah Etam Tenggarong, Kamis (30/1).

Menurut Sunggono para penyuluh agama Islam non PNS di lingkungan Kemenag Kukar mesti memahami benar peranan penyuluh Agama Islam, sekaligus bisa memposisikan diri sebagai da’i yang berkewajiban mendakwahkan kepada umat, menyampaikan penerangan agama Islam serta mendidik masyarakat sebaik – baiknya sesuai ajaran Islam.

Sunggono juga mengatakan, penyuluh agama Islam adalah profesi yang sangat mulia. Kedudukannya sangat penting bagi masyarakat Muslim agar dapat melaksanakan kewajiban dan perkara lainnya sebagai insan yang beragama. "Peran dan fungsi penyuluh agama Islam sangat penting untuk membangun mentalitas, spiritualitas masyarakat muslim agar mau dan mampu melaksanakan syariat agamanya dengan baik," ujarnya.

Para penyuluh agama Islam biasanya didudukkan sebagai pihak yang mampu masyarakat kearah yang baik, sekaligus menjadi inspirator, motivator, stabilisator dan dinamisator masyarakat. "Disinilah pentingnya peran dan fungsi penyuluh agama untuk membangun mental dan spiritual masyarakat yang agamis sehingga bukan dipahami sebatas formalitas dan identitas melainkan mampu dihayati dan dipedomani dalam kehidupan," katanya.

Sementara Kepala Kementerian Agama Kukar Samudi mengatakan, kegiatan yang diikuti 160 peserta terdiri dari 154 non PNS dan 6 orang PNS di lingkungan Kementerian Agama Kukar. Bertujuan untuk meningkatkan kompetensi penyuluh dibidang informasi penerangan agama Islam, teladan bagi PNS dan non PNS yang menitik beratkan kepada penyuluh yang memiliki inovasi sentuhan yang sesuai dengan tuntutan zaman namun tetap berpijak pada syariat Islam.

Ada 8 spesialisasi penyuluh yaitu penyuluh buta huruf Al Quran, penyuluh keluarga sakinah, penyuluh pengelolaan zakat, penyuluh pemberdayaan wakaf, penyuluh produk halal, kerukunan umat beragama, penyuluh radikalisme dan aliran sempalan serta penyuluh Narkoba dan HIV/AIDS. Acara tersebut dilanjutkan dengan penyerahan SK penyuluh Non PNS Kemenag Kukar  priode 2020 – 2024.(Dokpim04)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini45 pengunjung
Minggu Ini1.020 pengunjung
Bulan Ini3.978 pengunjung
Total Pengunjung14.941 pengunjung
Total Klik388.049 Kali