PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Kelompok Kendoyan 2 Tanam Jagung Hibrida

Kemasyarakatan    2 minggu yang lalu   
Administrator    8 Kali

Sumber Foto: Bupati Kukar Baju Merah saat melakukan Tanam jagung perdana

TENGGARONG - Ratusan masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Kendoyan 2 Kelurahan Loa Ipuh Darat Kecamatan Tenggarong yang di ketuai Slamet Riadi bertekad siap mensukseskan program revolusi jagung yang saat ini sedang gencar gencarnya di canangkan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Hal ini dibuktikan dengan dilaksanakannya penanaman perdana jagung Hibrida menuju 100 hektar oleh Kelompok Tani Kendoyan 2, yang dihadiri Bupati Kukar Edi Damansyah, akhir pekan tadi di Kelurahan Lurah Loa Ipuh Darat, Tenggarong.  

Edi Damansyah didampingi Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sukhrawardy, hadir juga Ketua KTNA Kaltim Wisdianto, Kadis Pertanian dan Peternakan Kukar ,  Sutikno, Camat Tenggarong Arfan Boma, serta Lurah Loa Ipuh Darat Ambo Dalle.

Edi berharap para anggota kelompok tani giat bekerja menanam dan memelihara jagung yang ditanami itu. Mengenai hasil panennya, Edi mengatakan jangan diragukan lagi sebab ada Asosiasi Petani Jagung Indonesia (APJI) cabang Kukar yang siap membeli jagung para petani.

"Yang jelas ini semua untuk meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan perekonomian para petani," ujarnya usai ikut menanam jagung.

Bupati mengatakan, program revolusi jagung merupakan suatu gerakan yang mengintegrasikan seluruh sumber daya berbasis pada komoditas jagung, yang dapat menggerakkan ekonomi kerakyatan, dengan tujuan meningkatkan pendapatan atau kesejahteraan masyarakat, mengurangi pengangguran serta mengurangi kemiskinan.
Jagung hibrida merupakan salah satu prioritas yang memang sudah ditetapkan didalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2016 – 2021, khususnya dalam bidang pertanian dalam arti luas, dimana jagung merupaka n salah satu komoditi yang didorong.

"Kenapa jagung hibrida pilihannya, karena komoditi ini sangat cocok di tanah Kukar tidak perlu diperlakukan khusus, sebab tanahnya masih subur sehingga komoditi ini bisa berkembang dengan baik, 90 hari sudah panen," ujarnya.

Edi kemudian menunjukkan komitmen Pemkab Kukar terhadap kegiatan pertanian dalam arti luas, yakni memberikan bantuan bibit, pupuk, peralatan serta kelengkapan pertanian lainnya kepada Kelompok Tani Kendoyan 2.

Pihaknya juga memberikan keringanan kepada para kelompok yang membutuhkan pendanaan melalui Kredit Usaha Rakyat, melalui Bank pemerintah dengan bunga yang cukup ringan untuk pengembangan usaha.

Ia juga mengatakan,  dalam waktu dekat Kukar juga akan membangun pabrik pengolahan hasil panen jagung di Kukar, sehingga para petani di Kukar tidak ragu dan ada jaminan untuk kesejahateran keluarga mereka.

Pada kesempatan tersebut diserahkan bibit jagung Hibrida sebanyak 600 kg yang merupakan bantuan dari Pemkab Kukar. Serta Edi membantu secara pribadi 10 knapsack sprayer elektrik atau alat penyemprot. Acara tersebut juga diisi dengan dialog dengan petani setempat yang dipandu Camat Tenggarong Arfan Boma. (Dokpim04).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini17 pengunjung
Minggu Ini850 pengunjung
Bulan Ini4.009 pengunjung
Total Pengunjung18.905 pengunjung
Total Klik489.718 Kali