PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Jenis Bencana Alam

Kemasyarakatan    5 tahun yang lalu   
   1149 Kali

Sumber Foto: Bencana banjir yang melanda kota Tenggarong membuat jalan depan kantor Bupati tergenang air atau sejajar dengan permukaan air sungai Mahakam.(joe)

TENGGARONG - Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang berakibat bagi manusia dan mahluk lainnya. Dampaknya berupa kematian, kehancuran harta benda, kelaparan, dan timbulnya penyakit. Terjadinya bencana alam sebagian besar diakibatkan manusia yang menganiaya alam. Seperti pengundulan hutan, pencemaran udara hingga buang sampah sembarangan.  

Banjir, kebakaran hutan, tanah longsor, angin topan, dan gunung meletus setiap hari selalu menghiasi pemberitaan di media massa. Peristiwa itu bisa saja daerah A terkena banjir dan daerah B rusak akibat gunung meletus. Kebakaran hutan adalah kebakaran yang terjadi di hutan serta berdampak pada kerusakanvegetasi  dan musnahnya hewan tertentu. Lalu, banjir adalah peristiwa yang terjadi saat aliran air melebihi batas normal dan merendam daratan.

Tanah longsor merupakan perubahan gerakan tanah karena pergerakan batuan atau tanah ke wilayah lain. Angin topan adalah pusaran angin kencang. Kalau gunung meletus, terjadi semburan cairan berpijar yang sangat panas dari perut bumi. Kenapa bencana itu datang tiba-tiba dan mengganggu manusia? Bencana alam memang terjadi secara mendadak dan alami. Namun, ada juga bencana yang ditimbulkan akibat ulah manusia sendiri. Misalnya, banjir. Kebiasaan manusia yang sering membuang sampah sembarangan juga berdampak banjir. Sampah-sampah tersebut mengendap dan menyumbat selokan air, bahkan sungai.

Secara alami, kebakaran hutan terjadi akibat sambaran petir pada pohon yang kering atau saat musim kemarau. Tanah longsor bisa karena ulah manusia atau dampak gunung meletus. Gunung meletus serta angin topan merupakan peristiwa alam. Akibatnya apa saja? Banyak sekali akibat yang ditinggalkan pascabencana alam. Yakni, kerusakan lingkungan dan korban manusia. Lingkungan sekitar menjadi berantakan dan timbul lah sarang penyakit. Tentu saja manusia akan menderita karena kehilangan rumah, pekerjaan, dan keluarganya. Berapa lama mereka datang?  Bencana alam datang tidak memandang kapan dan berapa lama.

Ada yang datang secara tiba-tiba. Ada pula yang sebelumnya memberikan tanda-tanda akan datang. Karena itu, manusia bisa bersiap-siap sebelum diserang bencana alam. Kalau berapa lama berlangsungnya, itu bergantung pada proses alam dan penanganan manusia. Semakin cepat tanggap, bencana alam cepat teratasi.(hms-di01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini46 pengunjung
Minggu Ini1.024 pengunjung
Bulan Ini3.818 pengunjung
Total Pengunjung27.654 pengunjung
Total Klik804.586 Kali