PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Edi Damansyah Pimpin Apel Siaga Tanggap Bencana

Kemasyarakatan    1 minggu yang lalu   
Administrator    14 Kali

Sumber Foto: Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi Dandim 0906 Tenggarong Letkol Inf Charles Alling dan Kapolres Kukar AKBP Andrias Susanto Nugroho saat memeriksa pasukan.

TENGGARONG -  Kondisi geografis Kutai Kartanegara memiliki tingkat kerawanan lingkungan terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan, banjir, erosi dan tanah longsor. Berdasarkan data tahun 2019 terdapat sebanyak 601 kejadian bencana di Kukar.

"Kebakaran pemukiman sejumlah 234 kejadian, kebakaran hutan dan lahan sejumlah 198 kejadian, banjir sejumlah 45 kejadian dan tanah longsor sebanyak 20 kejadian, " ucap Bupati Kukar Edi Damansyah dalam amanatnya pada apel kesiapsiagaan tanggap bencana diwilayah Kukar dihalaman Kodim 0906 Tenggarong, Selasa (7/1/2020).

Berkenaan dengan risiko bencana yang bisa terjadi kapanpun itu, Edi Damansyah mengatakan perlu dilakukan gerakan aksi bersama guna meningkatkan kapasitas pada pemerintah, organisasi, masyarakat, lembaga usaha, keluarga dan individu agar mampu siaga dalam situasi darurat bencana secara cepat, tepat melalui edukasi kebencanaan dan simulasi latihan penanganan bencana secara berkala dan berkesinambungan.

Lebih lanjut, pada kesempatan tersebut Edi Damansyah berpesan kepada seluruh steakholder agar meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta kepekaan terhadap perubahan dinamika masyarakat yang begitu cepat untuk mendeteksi dini terjadinya potensi bencana.

"Deteksi dini terhadap bencana sangat penting, untuk meminimalisir korban atau kerugian yang ditimbulkan bencana," ujarnya.

Untuk itu menurut Edi semua pihak meningkatkan koordinasi dan Komunikasi dengan segenap intansi terkait agar tugas penanggulangan bencana bisa berjalan lancar dan terarah, melaksanakan tugas penanggulangan bencana dengan penuh semangat dan tanggung jawab serta profesional, dan tingkatkan pengabdian dan kebanggaan sebagai masyarakat yang siap membantu dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara profesional dan ikhlas.

"Pada kesempatan ini saya ingin memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada jajaran TNI dan Polri serta seluruh steakholder atas kesungguhan dan kerja kerasnya dalam pengabdiannya demi kemanusiaan," demikian ujarnya.

Apel yang dilaksanakan oleh Kodim 0906 Tenggarong tersebut diikuti pasukan dari Kodim 0906 Tenggarong, Polres Kukar, Satpol PP Kukar, BPBD, Dishub serta ormas dan Pramuka. Acara diawali dengan penyematan  pita tanda kesiapsiagaan kepada perwakilan peserta, dilanjutkan pemeriksaan pasukan oleh Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi Dandim 0906 Tenggarong Letkol Inf Charles Alling dan Kapolres Kukar AKBP Andrias Susanto Nugroho.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan kelengkapan sarana prasarana peralatan penunjang penanganan bencana serta posko darurat penanggulangan korban bencana yang terdiri dari posko kesehatan, posko evakuasi, posko dapur lapangan serta poskotis terpadu tanggap bencana.
Turut hadir pada apel tersebut Sekda Kukar H Sunggono, perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kukar, Camat Tenggarong Arfan Boma, beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Kukar serta lurah dan kades seKecamatan Tenggarong.(medsi08)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini11 pengunjung
Minggu Ini683 pengunjung
Bulan Ini2.646 pengunjung
Total Pengunjung9.990 pengunjung
Total Klik214.350 Kali