PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Kaseh Selamat Sultan Kutai HAM Salehoeddin II ke-87

Kemasyarakatan    8 tahun yang lalu   
   4213 Kali

Sumber Foto:

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari Senin (24/10) kemarin memberi kaseh selamat kepada Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAM Salehoeddin II yang berulang tahun ke-87 tahun. Pemberian ucapan selamat diawali dengan pemotongan tumpeng oleh Sultan Kutai yang selanjutnya diserahkan kepada Bupat Rita Widyasari dan Ketua DPRD Kukar Awang Yacoub Luthman, setelah itu dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat diawali Bupati Rita Widyasari, Ketua DPRD Kukar Awang Yacoub, Wakil Bupati HM Ghufron Yusuf, Sekkab Kukar HAPM Haryanto Bachroel diikuti Kepala Dinas/Instansi dan undangan lainnya secara bergantian berlangsung sederhana di Kedaton Tenggarong.

Bupati Kukar Rita Widyasari dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan selamat ulang tahun Sultan yang ke-87, "Atas nama Pemkab Kukar, masyarakat dan pribadi, kepada ayahanda Sultan HAM Salehoeddin II ke-87, umur yang masih muda, mudah-mudahan selalu diberi kesehatan, panjang umur dan diberikan keberkahan oleh Allah SWT Amin ya Rabbal Alamin," katanya. Dikatakan Rita, sejarah Kabupaten Kutai Kartanegara tidak bisa dilepaskan dari sejarah kerajaan Kutai Kartanegara dengan kedaton sebagai pusat kegiatan, dimana kedaton mempunyai peranan yang sangat penting sebagai faktor penentu dalam dinamika kehidupan masyarakat Kutai. Kedaton juga kata Rita, merupakan salah satu sistem simbol identitas masyarakat Kutai pada khususnya dan masyarakat Kaltim umumnya. Penerapan nilai-nilai kebudayaan, pemaknaan dan penghayatan hidup cara pandang hidup dan nuansa kehidupan batiniah yang berlandaskan islam. "Keselarasan hidup dalam berbagai bidang yang dicapai masyarakat Kutai Kartanegara tersebut tidak bisa dilepaskan dari peran sultan sebagai pemimpin yang diakui dan sah berkuasa dimasa itu," kata Rita.

Disamping itu menurut Rita, sultan memiliki peran sentral sebagai media dan fasilitator dalam pencapaian antara kebudayaan lokal dan kebudayaan islam dan perkembangan akan menghasilkan suatu sosok budaya yang  mencerminkan kehidupan yang sangat religius dalam kehidupan masyarakat Kutai hingga saat ini. Meskipun demikian tidak banyak generasi muda dijaman sekarang khususnya di Kukar yang meluangkan waktunya menelaah akar budaya yang merupakan pondasi nilai-nilai hidup  bangsa indonesia dibanding nilai-nilai tradisi budaya yang luhur. "Kedaton merupakan benteng terahir yang menjaga keluhuran nilai dari sebuah tradisi  yang instand dan prakmatis dan terdapat banyak nilai-nilai luhur baik nilai moralitas maupun nilai spiritual lainnya,". Demikian katanya. (hmp04)   

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini20 pengunjung
Minggu Ini961 pengunjung
Bulan Ini3.892 pengunjung
Total Pengunjung14.307 pengunjung
Total Klik382.280 Kali