PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Buat Akta Kelahiran Hanya 14 Hari

Kemasyarakatan    7 tahun yang lalu   
   2062 Kali

Sumber Foto: PELAYANAN - Puluhan warga sedang mengurus Akta Kelahiran di loket Disdukcapil Kukar Selasa (26/3) kemarin (Foto : Hasis Husain/HMP23)

TENGGARONG- Akhir Februari 2013 lalu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara (Kukar) baru saja merampungkan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) khusus pelayanan pencatatan sipil. " Ya, kami baru saja selesai menyusun SOP khusus pelayanan pencatatan sipil . Dan SOP ini bertujuan sebagai panduan pelayanan yang terformat mulai tahap memasukkan bserkas  hingga pengambilan.  Selain itu untuk menjawab keluhan warga selama ini  yang menilai pembuatan akta kelahiran khususnya kerap  lamban sampai berbulan-bulan " jelas Kepala Disdukcaspil Kukar Drs.Getsmani Zeth MM , saat ditemui diruang kerjanya Selasa (26/3) .

Menurut Getsmani,  untuk pembuatan dokumen pencatatan sipil hanya membutuhkan waktu 14 (empat belas) hari dan di hari ke-15 dokumen sudah dapat diambil pemohon. Dokumen pencatatan sipil itu seperti akta kelahiran, Kematian,Perceraian, Pencatatan Pengangkatan Anak, Akta Pengakuan Anak,Pengangkatan Pengesahan Anak, Pencatatan/Ganti Perubahan Nama , Pencatatan Perubahan Status Kewarganegaraan, Pencatatan Peristiwa Penting lainnya dan Penerbitan Kutipan Akta Pencatatan Sipil kedua dan seterusnya.

Dalam SOP pencatatan sipil ini sambung Getsmani memuat pula sanksi baik bagi petugas dalam hal ini aparat Disdukcapil maupun pihak yang dilayani atau penduduk. Sanksi bagi petugas berupa pidana penjara dan sanksi admnistratif yakni denda paling banyak Rp 10 juta. Sanksi dijatuhkan kepada petugas bila sengaja lambat menyelesaikan pembuatan dokumen melebihi 14 hari atau sengaja memalsukan dokumen akta pencatatan sipil. Sanksi bagi petugas ini sesuai pasal 92,93 dan 94 Undang-Undang (UU)  No.23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Sedangkan sanksi bagi penduduk kata Getsmani, berupa pidana penjara  antara 2 hingga 6 tahun atau denda paling banyak Rp 25 juta hingga Rp 50 juta.  Sanksi diberikan kepada penduduk bila terbukti secara sah memalsukan dokumen persyaratan yang diperlukan seperti surat nikah, KTP, Kartu Keluarga, surat kelahiran dan lain-lain. Sanksi ini sesuai   UU 23 Tahun 2006 BAB XII pasal 93,94,95 dan 96.

Lebih jauh dia menjelaskan, untuk pembuatan akta kelahiran dibawah 60 hari tidak dipungut biaya atau gratis. Bila melebihi usia 61 hari hingga 1 tahun dikenakan denda Rp 100 ribu .Dan bila melebihi dari 1 tahun dikenakan denda Rp 250 ribu dan penetapan akta kelahirannya  berlangsung di Pengadilan Negeri (PN). Ini untuk Warga Negara Indonesia (WNI). Kalau untuk Warga Negara Asing (WNA) dikenakan denda Rp 500 ribu.

" Bagi warga yang mengurus akta kelahiran dibawah 60 hari gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Untuk itu segeralah mengurus akta kelahiran begitu anaknya lahir.Jangan ditunda-tunda " imbau mantan Sekretaris Bapemas dan Pemdes Kukar ini.


Sekadar diketahui,  warga  yang ingin  mengurus dokumen pencatatan sipil dapat mendatangi Kantor Disdukcapil yakni Gedung Kembar A Lantai dasar loket pintu 2. Untuk mengurus surat pindah dan datang loket pintu 1.  Saat ini pelayanan pencatatan sipil dan pendaftaran penduduk ini sudah menerapkan sistem on-line.

Bagi warga yang berhasrat mengetahui secara detail atau lengkap  SOP pencatatan sipil silahkan akses melalui situs Disdukcapil Kukar http://capil.kutaikartanegarakab.go.id/
##hasis/hmp23


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini81 pengunjung
Minggu Ini816 pengunjung
Bulan Ini3.837 pengunjung
Total Pengunjung26.711 pengunjung
Total Klik795.242 Kali