PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Berpikir Global para milenial di SMP Negeri 4 Tenggarong

Kemasyarakatan    4 minggu yang lalu   
Operator1    239 Kali

Sumber Foto: Siswa SMP Negeri 4 Tenggarong Seberang saat menggali bagaimana perdagangan internasional terjadi dan konsep perdagangan internasional, mulai dari pengertian, manfaat faktor pendukung, dan faktor penghambat.

BERBAGAI cara dilakukan tenga pendidik agar siswanya aktif dan antusias menimba ilmu dan mencari pengetahuan.
Seperti halnya dilakukan Yunus, Guru IPS SMP Negeri 4 Tenggarong Seberang mengubah tren mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) agar anak didiknya secara mandiri mampu mencari informasi dan mengkonstruksi informasi tersebut menjadi pengetahuan baru.

Yunus tidak lagi memakai metode para siswa membaca, menghafal, dan menjawab pertanyaan. Namun, dalam pembelajaran perdagangan internasional, Yunus mengajak siswa untuk menggali bagaimana perdagangan internasional terjadi dan konsep perdagangan internasional, mulai dari pengertian, manfaat faktor pendukung, dan faktor penghambat.

"Perdagangan internasional adalah ilmu yang penting dalam pelajaran IPS tingkat Sekolah Menengah Pertama. Materi ini harus dikuasai sebelum ke materi berikutnya yaitu ekonomi kreatif. Dengan memahami perdagangan internasional, para siswa siswi mengerti konsep untuk memenuhi kebutuhan permintaan suatu negara dan meningkatkan kesejahteraan hidup," ujarnya baru-baru ini.

Dalam penugasan kelas itu, Yunus membagi menjadi 6 kelompok yang berisikan 3 hingga 4 anggota. Di dalam kelompok mereka pun berbagi tugas, 2 membuat peta pikiran dan 2 mencari informasi yang diperlukan di perpustakaan.
Sebelum mencari pengertian faktor pendorong, faktor penghambat, Yunus menanyakan kelas mengapa perdagangan internasional terjadi? Para siswa siswi menjawab karena adanya perbedaan Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM), dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek). Ada lagi anak didiknya yang menjawab, bahwa perdagangan internasional terjadi tergantung kemampuan negara dalam memenuhi kebutuhan rakyat dan kemauan negara mengelola SDA.
Setelah mendapatkan jawaban pengertian, faktor pendorong, faktor penghambat disusun di dalam peta pikiran.

Setelah menjawab pertanyaan tersebut di peta pikiran, para siswa-siswi membuat narasi yang dipresentasikan di depan kelas. Yunus mengajak kelas untuk merefleksi hasil pembelajaran itu.

"Ternyata murid saya menyukai pengajaran IPS seperti ini, meraka aktif mencari tahu informasi yang dibutuhkan. Dengan mengajak siswa-siswi mencari informasi terlebih dahulu sama halnya dengan mengajak siswa-siswi untuk aktif mencari informasi di era gelombang informasi yang besar," ujarnya.

Menurutnya, keterampilan dalam mata pelajaran IPS adalah mampu mencari informasi dan mengkonstruksi informasi tersebut menjadi sebuah pengetahuan baru. Selain itu, para siswa siswi mampu menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi mata pelajaran ini, serta berfikir kritis. Hal tersebut dibuktikan dengan terjadinya tanya jawab antar siswanya dikelas tersebut.

Pada akhir diskusi, Yunus memberi penjelasan tambahan ada beberapa upaya pemerintah menjadikan Indonesia negara maju, yaitu meningkatkan aktivitas kemandirian ekonomi rakyat, meningkatkan SDM, penguasaan IPTEK, dalam memproduksi barang dan jasa, hal ini akan berimbas pada tersedianya lapangan pekerjaan sehingga akan mengurangi pengangguran.

Kemudian ditambahkannya, membaca adalah salah satu mencari informasi dan membaca adalah kebiasaan yang harus tumbuh di siswa siswi tingkat SMP untuk berdampingan di abad 21. Selanjutnya, setelah memahami konsep perdagangan internasional, Yunus melanjutkan materi selanjutnya yaitu mengembangkan ekonomi kreatif untuk meningkatkan kesejahteraan. Salah satu dampak dari perdagangan internasional adalah mengembangkan ekonomi kreatif.  Yunus menutup kelas dengan memberi tugas untuk pertemuan berikutnya tentang ekonomi kreatif. (shintasariebpp/dokpim09)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini46 pengunjung
Minggu Ini1.021 pengunjung
Bulan Ini3.979 pengunjung
Total Pengunjung14.942 pengunjung
Total Klik388.059 Kali