PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Akibat Petasan 50 Rumah Jadi Arang

Kemasyarakatan    5 tahun yang lalu   
   866 Kali

Sumber Foto: Sebagian rumah warga desa yang terbakar.(joe)

TENGGARONG  - Malam Idulfitri 1435 Hijrah yang seharusnya diliputi rasa hikmad dan kegembiraan tidak dirasakan warga di Rukun Tetangga VII, Desa Jembayan Ilir, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara. Sebab Sabtu (26/7) malam usai solat Isya  hanya terdengar suara jeritan histeri dan tangisan karena pemukiman mereka hangus terbakar.

Untuk mengurangi kesedihan warga RT VII Desa Jembayan Pemkab Kukar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyerahkan bantuan bagi korban kebakaran di kawasan itu. Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kukar H Darmansyah BA dalam jawaban SMS yang dikirim Senin (28/7) bahwa penyerahan bantuan dilakukan sehari setelah musibah kebakaran. 

Dilakukan Bupati diwakili Asisten IV H Bahrul SSos MM kepada aparat desa setempat.   Menurutnya bantuan itu berupa 30 paket familiy kit, 15 paket Kidware, 100 lembar sarung, 15 paket makanan tambahan untuk bayi. Kemudian 10 unit matras, 100 lembar selimut, 30 lembar terpal dan 50 tabung berikut kompor gas.  Sementara bantuan lainnya dari Dinas Sosial Kukar berupa makanan seperti beras dan mi instan.

Sementara Dinas Sosial Provinsi Kaltim memberikan bantuan berupa peralatan dapur, seragam sekolah dan sarung. “Jumlah bantuan kemanusian masing masing item dari Dinsos Kukar dan Kaltim belum dihitung,” ujarnya.  Ditambahkan, direncanakan Bupati  Rita Widyasari  akan meninjau  lokasi bencana besok (Selasa, 29/7). “Setelah bersilaturahmi dengan Gubernur dan unsur forum pimpinan Provinsi,”  ujarnya.

Menyinggung  sebab kebakaran menurut Darman demikian biasa disapa, masih dalam penyelidikan polisi. Namun berdasar laporan warga berasal dari anak bermain petasan.   Kapolsek Loa Kulu AKP Ida Bagus juga membenarkan dugaan sementara itu. Menurutnya diperkirakan berasal percikan api  petasan. Percikan petasan mengenai  bensin eceran yang dijual di depan rumah Fredi.

Sementara di kesempatan lain Bupati Rita Widyasari usai solat Ied di Masjid Agung Tenggarong mengatakan  kebakaran jelang Lebaran di Kukar ini adalah kali kedua. Terakhir, si jago merah beraksi pada malam takbir di Kota Bangun. Dia mengaku serius mencermati penyebab kebakaran di Jembayan. “Jika  petasan penyebabnya maka ke depan dilarangan bermain petasan di perkampungan. “Sebaiknya, petasan  hanya dilakukan  di tempat terbuka seperti lapangan bola,” demikian ujarnya.(hms-di01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini23 pengunjung
Minggu Ini964 pengunjung
Bulan Ini3.895 pengunjung
Total Pengunjung14.310 pengunjung
Total Klik382.399 Kali