PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Publik

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Upaya Warga Enggelam, Atasi Kebakaran Lahan Gambut

Info Terkini    4 tahun yang lalu   
   1132 Kali

Sumber Foto:

TENGGARONG – Warga Desa Muara Enggelam Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur (Kaltim) dikejutkan dengan bara api yang menghanguskan lahan gambur, Rabu (19/8/2015) lalu. Beruntung kebakaran yang hampir mendekati pemukiman warga berhasil dipadamkan.

Pemadaman itu dilakukan dengan peralatan seadanya dibantu alat pemadam dari Desa Melintang, dengan bahu membahu warga berhasil memadamkan api yang bermuara dari lahan gambut.

Kepada media ini saat dihubungin Sekretaris Camat Muara Wis Arianto mengatakan, kebakaran lahan gambut sebelumnya dimulai adanya sumber api yang berasal dari Desa Minta, Kecamatan Penyinggahan, Kabupaten Kutai Barat, yang terjadi sejak sebulan lalu. “Kebakaran itu mengarah ke Desa Muara Enggelam,sejak beberapa hari yang lalu,” katanya.

“Puncaknya kemarin sore, dan saat ini apinya sudah dapat dipadamkan oleh masyarakat dengan menggunakan alat pemadam Desa Muara Enggelam dan dibantu alat pemadam dari Desa Melintang,” terang Arianto.

Dia menambahkan, masyarakat Desa Muara Enggelam saat ini masih berjaga-jaga untuk mencegah munculnya api kembali yang masih tersisa disekitar pemukiman, dikarenakan kondisi lahan gambut yang sangat kering.

“Warga Desa Muara Enggelam sudah membuat pembatas antara areal lahan gambut dengan pemukiman, dan langsung melakukan pembersihan rumput-rumput kering yang mudah terbakar,” Jelasnya. (humas-di01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Publik

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini78 pengunjung
Minggu Ini621 pengunjung
Bulan Ini2.622 pengunjung
Total Pengunjung6.471 pengunjung
Total Klik68.798 Kali