PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Publik

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Delegasi Unikarta Kunjungi Lapangan Handil

Info Terkini    4 tahun yang lalu   
   886 Kali

Sumber Foto: Kunjungan Unikarta ke wilayah operasi Total E&P Indonesie (TEPI) di Blok Mahakam, tepatnya ke Lapangan Handil - Central Processing Area (CPA) di Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Photo IST.

TENGGARONG – Civitas Academika Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) yang dipimpin Rektor, Dr. Sabran, SE, Msi, pada Selasa (15/9/2015) melakukan kunjungan ke wilayah operasi Total E&P Indonesie (TEPI) di Blok Mahakam, tepatnya ke Lapangan Handil - Central Processing Area (CPA) di Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Kunjungan ini merupakan bagian dari program kerja sama TEPI dan Unikarta dalam upaya memperkenalkan kegiatan industri hulu migas, dengan melihat secara langsung berbagai aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan, khususnya yang terkait dengan kegiatan eksplorasi dan produksi.

Rombongan diterima oleh manajemen TEPI yang diwakili oleh Ari Kartika Dewa – Deputy Head of Division Sustainable Development & Societal Relations, serta kepala lapangan CPA, Fabrice Dang. Ari Kartika Dewa pada kesempatan itu menyampaikan bahwa aktivitas semacam ini merupakan salah satu upaya TEPI  untuk mempererat kerja sama dan transfer pengetahuan kepada dunia pendidikan maupun peningkatan potensi sumber daya manusia melalui program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR)  bidang  pendidikan dan penelitian.

Pada kesempatan itu, rombongan Unikarta mendapatkan penjelasan mengenai kegiatan hulu migas, aspek kesehatan dan keselamatan kerja serta perlindungan lingkungan (K3LL) maupun program CSR yang dijalankan oleh TEPI. Bagian akhir kunjungan itu adalah melihat langsung fasilitas produksi CPA yang ada di area Delta Mahakam.

Lapangan Handil ditemukan pada Maret 1974, dan mulai berproduksi pada Juli 1975. Lapangan ini berada di ujung delta Sungai Mahakam, di antara pulau-pulau berlumpur yang sebagian tertutup lapisan tebal pohon nipah. Luas lapangan ini sekitar 40 KM2 dengan cadangan minyak terletak di zona utama yang berada pada kedalaman antara 1.500 – 2.700 meter di bawah permukaan tanah. Pada masa puncaknya, sekitar akhir tahun 1977, Lapangan Handil memproduksi minyak rata-rata 194.000 BOPD, dan total produksinya selama 40 tahun mencapai 900 juta barel (termasuk kondensat) dan lebih dari 1,879 Tcf gas alam.  Saat ini dari Lapangan Handil setiap harinya diproduksi minyak sebanyak 15.000 barrel/hari dan associated gas sebanyak 30 mmscf/hari.

Sementara itu Rektor Unikarta Sabran mengapresiasi kesempatan langka dapat mengunjungi lapangan migas dan menyaksikan langsung proses produksi di Lapangan Handil-CPA. ”Bagi Unikarta, kunjungan ini merupakan kesempatan yang pertama, dan kami berharap agar kerja sama antara TEPI dan Unikarta dapat terus ditingkatkan di masa yang akan datang,” ucapnya. (humas-di01/fairuz)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Publik

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini2 pengunjung
Minggu Ini545 pengunjung
Bulan Ini2.546 pengunjung
Total Pengunjung6.395 pengunjung
Total Klik67.223 Kali