PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sekda Pantau Bahan Pokok di Tenggarong

Ekonomi dan Pariwisata    2 bulan yang lalu   
Administrator    59 Kali

Sumber Foto: Sekda Kukar H Sunggono saat memantau pasar dan sejumlah toko di Tenggarong

TENGGARONG - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah menetapkan Status Siaga Darurat terkait kasus Corona (Covid-19) yang juga terdapat di Kukar.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah sejak pekan lalu telah menginstruksikan masyarakatnya agar menerapkan Social Distancing (menjaga jarak sosial) dan berdiam dirumah sebagai salah satu upaya memutus rantai penyebaran virus Corona (Covid-19).

Terkait hal tersebut, Sekretaris Daerah Kukar H Sunggono segera melakukan peninjauan dan pemantauan terhadap ketersediaan bahan pokok di berbagai toko dan supermarket di Tenggarong. Pada peninjauan tersebut, Sekda didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kukar HM Surip, Kabag Ekonomi Setkab Kukar M Taufik beserta perwakilan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Tenggarong.

Sekda dan rombongan, mengawali peninjauan di Pasar Mangkurawang Gerbang Raja, Agen Beras di Jl. Kihajar Dewantara, Agen LPG PT. Naraya Jl. Cut Nyakdin, Toko H. Cilik Jl. Madu Ninggrat,   market sekitar Timbau, serta sejumlah Apotek.

Dari hasil pantauannya, Sunggono mengatakan masyarakat Kukar jangan takut dan risau akan  kelangkaan maupun adanya kenaikan bahan pokok.

"Ternyata setelah kami pantau dan di cek di masing-masing tempat, ketersediaan bahan pokok di Tenggarong masih aman dan terkendali.  Hanya saja ada beberapa bahan pokok yang naik, seperti minyak goreng, gula, dan bawang putih (impor). Namun bahan pokok lainnya aman," ujarnya.

Maka Sekda juga meminta masyarakat agar tidak panik dalam membeli sesuatu barang untuk stok (panic buying).

Untuk diketahui Pemkab Kutai Kartanegara juga telah mengambil kebijakan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah bagi Apatur Sipil Negara baik PNS maupun non PNS yang berlaku sejak 23 Maret sampai 06 April 2020. Kebijan tersebut tertuang dalam surat edaran Bupati Kukar nomor: B-1217/BKPSDM/065.11/03/2020 tanggal 20 Maret 2020, tentang penyesuaian sistem kerja ASN dan non ASN dalam upaya pencegahan penyebaran Corona Virus di lingkungan Kutai Kartanegara.

Bupati juga terus memantau tim Penanggulangan Bencana Daerah  Kukar melakukan penyemprotan disinfektan (bahan kimia untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran/membasmi kuman penyakit) di sejumlah fasilitas umum, perkantoran, rumah ibadah, kampus, pondok pesantren, panti asuhan, hingga pemukiman warga.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kukar untuk tidak panik namun tetap waspada terhadap virus ini. Jaga kebersihan, berprilku hidup sehat dan ikuti langkah-langkah untuk mencegah penularan virus. Pemerintah akan terus melakukan pencegahan salah satunya melalui penyemprotan disinfektan serta selalu memantau perkembangan virus ini," ujarnya. (dokpim05)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini75 pengunjung
Minggu Ini810 pengunjung
Bulan Ini3.831 pengunjung
Total Pengunjung26.705 pengunjung
Total Klik795.196 Kali