PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Rintis Budidaya Ternak Ayam dan Sapi

Ekonomi dan Pariwisata    5 tahun yang lalu   
   3069 Kali

Sumber Foto: Ketua Kelompok Tani dan Ternak Mandiri Bersama Desa Embalut, H Sofiansyah menunjukkan usaha budidaya ayam ternaknya yang mengalami kemajuan.(hms.DI.06)

TENGGARONG- Sukses mengembangkan lahan eks tambang menjadi perkebunan buah dan sayur, Kelompok Tani Mandiri Bersama di Desa Embalut, Kecamatan Tenggarong Seberang, merintis budidaya peternakan ayam. Pada 2011 silam, mereka mengembangkan usaha ternak ayam dengan pola kemitraan. Mereka bermitra dengan perusahaan besar ternak ayam di Samarinda. Keuntungan dari budidaya ayam ini dimanfaatkan kelompok tani untuk mengembangkan usaha berikutnya, yakni ternak sapi.

Kelompok Tani Mandiri Bersama menjalin kemitraan dengan perusahaan ternak ayam dengan sistem bagi hasil. Perusahaan menyiapkan bibit ayam (DOC broiler), pakan dan obat. Sedangkan petani menyediakan kandang, tenaga kerja dan peralatan. Petani membangun 3 kandang ayam. "Dua kandang ayam ukuran 8x70 meter disumbang 75 persen oleh PT Kitadin. Sedangkan satu kandang ukuran 8x25 meter dibantu pemkan lewat bansos (bantuan sosial)," kata Sofiansyah, Ketua Kelompok Tani Mandiri Bersama.

Kandang ayam ini didesain seperti rumah panggung, dengan ketinggian 2-3 meter dari tanah. Ini dimaksudkan untuk menjaga agar kandang tidak selalu lembab. Perusahaan memasok 11.500 bibit ayam. Sesuai kontrak, petani mendapatkan keuntungan Rp 14.000/kg dari penjualan seluruh ayam ternak. "Jika ada kelebihan Rp 20.000/kg, maka kelebihan itu dibagi 30 persen untuk petani," tuturnya.

Budidaya ayam ternak ini memberikan keuntungan bagi kelompok tani rata-rata Rp 23 juta dalam sekali panen. Keuntungan ini dibagi rata kepada 13 orang anggota Kelompok Tani Mandiri Bersama. Sepuluh persen dari keuntungan tersebut dimasukkan dalam uang kas. "Setiap anggota mendapatkan penghasilan sebesar Rp 1,8 juta per bulan. Penghasilan ini didapat juga dari hasil penjualan sayur," katanya.

Sementara itu Perusahaan yang jadi mitra berperan penuh dalam hal pemasaran. Mereka juga memasok pakan ayam sebanyak 579 karung, satu karungnya ukuran 50 kg. Pakan ayam ini diperlukan sampai masa panen. Petani juga menyiapkan jagong pipil kering yang ditanam sendiri untuk pakan ayam. "Panen ayam ternak ini berlangsung dalam 33 hari, lalu ada jeda waktu 2 minggu sebelum diisi lagi dengan bibit ayam baru. Perusahaan juga menyiapkan obat vaksinnya yang diberikan sampai 2 kali," kata Sofiansyah. Dalam setahun para petani menikmati masa panen 5-6 kali. 

Setahun berikutnya, hasil keuntungan bidang usaha ayam ternak dimanfaatkan untuk budidaya sapi. Anggota kelompok tani sepakat untuk menyisihkan keuntungan dari budidaya ayam ternak untuk membeli sapi. "Awalnya, kita membeli 4 ekor sapi seharga Rp 15 juta. Kami membeli sapi lokal," ujarnya. Seiring waktu Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kukar memberikan bantuan 14 ekor sapi. Kini jumlah sapi ternak yang dimiliki kelompok tani mencapai 33 ekor. "Untuk pengembangan, sapi ternak kami belum kita jual. Sapi ternak kami diberi makan rumput gajah yang sengaja kami tanam di lahan sekitar kandang," ucap Sofiansyah.

Humas Eksternal PT Kitadin, Hirung mengemukakan, pihaknya juga membangun tempat pengolahan biogas dari kotoran sapi. "Kami memerlukan 18 kubik kotoran sapi untuk diolah menjadi biogas," ujar Hirung. Dia berharap, biogas ini bisa dimanfaatkan untuk penyediaan listrik di sekitar areal terpadu perkebunan, peternakan dan perikanan dari Kelompok Tani dan Ternak Mandiri Bersama. (adv/top)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini24 pengunjung
Minggu Ini723 pengunjung
Bulan Ini3.805 pengunjung
Total Pengunjung26.548 pengunjung
Total Klik786.962 Kali