PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Gelar Sidak Barang Kadarluasa

Ekonomi dan Pariwisata    3 tahun yang lalu   
   687 Kali

Sumber Foto: Suasana sidak barang kadaluarsa oleh tim

TENGGARONG – Guna lebih meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan masyarakat tentang kesehatan dan keamanan mengkonsumsi bahan makanan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Bagian Administrasi Perekonomian Setkab Kukar serta beberapa instansi terkait melakukan sidak barang kadaluarsa di pasar tradisonal maupun modern dibeberapa kecamatan di Kukar. Tim terdiri dari  Bagian Administrasi Perekonomian Setkab Kukar, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Perindagkop, Dinas Kesehatan,  Badan Ketahanan Pangan, Polres Kukar, Satpol PP serta  Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Samarinda serta Polda Kaltim.

Ketua tim Yenni Restiana (Bagian Adm. Perekonomian) mengatakan kegiatan ini merupakan agenda  rutin yang dilaksanakan setiap tahun menjelang Hari Raya Idul Fitri dalam rangka melindungi masyarakat dari kemungkinan beredarnya pangan atau bahan makanan yang sudah  kadaluarsa atau tidak memenuhi syarat keamanan, mutu serta label. 

Lebih lanjut menurut Yenni, selain melakukan pengawasan terhadap barang kadaluarsa, tim juga menghimbau agar para pedagang baik itu distributor, toko, swalayan, mini market dan grosir untuk meneliti barang dagangannya yang akan memasuki kadaluarsa serta menghimbau agartidak menjual pangan yang tidak terdaftar pada Badan POM RI. 

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk lebih teliti dalam berbelanja, misalnya melihat tanggal  kadaluarsa barang yang akan dibeli, aman dikonsumsi dan bebas dari formalin serta  zat – zat kimia yang berbahaya.

Dari hasil sidak di  Kecamatan Loa Kulu dan Loa Janan, pada Selasa (21/6)  tim menemukan beberapa barang makanan yang sudah kadaluarsa namun masih dipajang di etalase bercampur dengan barang baru.

Oleh petugas, barang tersebut langsung diamankan dan sita.  Pihak toko diwajibkan membuat surat pernyataan untuk tidak mengulanginya dan selalu teliti untuk mengecek keluar masuk barang dagangannya.   Apabila dikemudian hari masih ditemukan, maka pedagang tersebut akan berurusan langsung dengan pihak berwajib dan akan diproses lebih lanjut.(Hmp. 04).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini24 pengunjung
Minggu Ini723 pengunjung
Bulan Ini3.805 pengunjung
Total Pengunjung26.548 pengunjung
Total Klik786.577 Kali