PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Luncurkan CSR Award III

Ekonomi dan Pariwisata    1 bulan yang lalu   
Administrator    24 Kali

Sumber Foto: Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah bersama

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah melakukan launching (peluncuran) Corporate Social Responsibility (CSR) dan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LPKM) Award III Duplikasi Role Model CSR di Kukar, ditandai dengan Hand Scanner pada layar besar di Ruang Serba Guna Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), pekan tadi.

Pada peresmian itu Edi didampingi Sekretaris Daerah Sunggono, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bambang Arwanto dan Ketua Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) Agung Hasanudin.

Edi Damansyah mengatakan CSR atau TJSP itu bukan merupakan kemauan dirinya pribadi tetapi merupakan mandatori amanat Undang-Undang pada dunia usaha.

"Jelas pasalnya, jelas ayatnya, tinggal bagaimana komitmen dari masing - masing perusahaan. Alhamdulillah di Kutai Kartanegara komitmen dari dunia usaha sangat tinggi untuk memenuhi kewajiban - kewajiban yang diamanatkan oleh undang - undang dan pemerintah," ujarnya.

Edi mengapresiasi dalam dua tahun terakhir banyak hal yang sudah dicapai capai bersama antara Pemerintah dan dunia usaha melalui program TJSP, namun dari data - data yang disampaikan oleh DPMPTSP terdapat beberapa hal yang mesti didiskusikan, dan itu nanti akan didiskusikan bersama.

Dikatakannya, dunia usaha itu merupakan bagian dari masyarakat Kukar karena berada dan beraktivitas di Kukar,  yang harus berperan aktif didalam menjaga kondusivitas, menjaga keamanan, ketentraman dan ikut melaksanakan pembangunan daerah.

Lebih lanjut Edi mengharapkan kepada dunia usaha yang masih berjalan sendiri - sendiri hendaknya mulai membuka diri dengan bergabung dengan forum TJSP, sehingga ada keterbukaan terkait data CSR nya, dan turut serta bersinergi dalam pembangunan daerah. Karena, CSR atau TJSP merupakan komitmen perusahaan untuk berperan dalam pembangunan daerah, khususnya area disekitar perusahaan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan baik bagi perusahaan,  komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.

"Semoga melalui CSR dan LKPM award III tahun 2020 ini terus mendorong kita baik yang dijajaran pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara maupun dunia usaha, untuk menjalankan fungsi dan tanggungjawab masing -masing secara sinergi," harap Edi.

Sementara itu kepala DPMPTSP Bambang Arwanto mengatakan pelaksanaan CSR Award sudah dilaksanakan yang kedua kalinya, pertama pada 2015 dengan tema Green, Smart dan Inovatif, pada saat itu masih sedikit perusahaan yang ikut, namun saat ini telah terjadi kemajuan yang signifikan, karena adanya fenomena mendadak CSR.

"Fenomena tersebut terjadi karena adanya penilaian yang kita lakukan sehingga banyak perusahaan berlomba - lomba membuat program CSR, walaupun sebetulnya perusahaan - perusahaan mereka telah lama melaksanakan CSR, namun tidak terprogram dengan baik," ujar Bambang.

Kemudian CSR Award yang ke dua di tahun 2017 dengan tema menjaring role model CSR Kutai Kartanegara, saat itu diikuti 4 perusahaan migas,  12 perusahaan tambang, 91 perusahaan perkebunan, dan 4 jasa lainnya.

Bambang berharap pada CSR Award ketiga ini menjadi lebih baik, lebih banyak lagi perusahaan yang ikut, dan lebih baik lagi program - programnya dari pelaksanaan sebelumnya.

Pada Launching CSR dan LKPM Award III tersebut juga dipaparkan kriteria- kriteria penilaian yang ditetapkan oleh tim penilai yang terdiri para akademisi.

Hadir pada launching CSR dan LKPM award III tersebut, ketua DPRD Kutai Kartanegara Abdul Rasid, kepala Kejaksaan Negeri Tenggarong Darmo Wijoyo, Kepala Bappeda Wiyono, para kepala OPD dan akademisi dari Unversitas Kutai Kartanegara (Unikarta), serta perwakilan manajemen perusahaan (dokpim01/emge99)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini14 pengunjung
Minggu Ini847 pengunjung
Bulan Ini4.006 pengunjung
Total Pengunjung18.902 pengunjung
Total Klik489.663 Kali