PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Publik

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Kukar Resmikan Kampung KB Mandiri Metoh Halus

Ekonomi dan Pariwisata    1 minggu yang lalu   
Administrator    29 Kali

Sumber Foto: Bupati Kukar Resmikan Kampung KB Mandiri Metoh Halus ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Kukar di Kantor Desa Muara Siran Kecamatan Muara Kaman.

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meresmikan kampung Keluarga Berencana (KB) Mandiri Metoh Halus Desa Muara Siran Kecamatan Muara Kaman, di Kantor Desa Muara Siran, pekan tadi.

Peresmian kampung KB tersebut untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat melalui Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).
 
Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, kampung KB merupakan salah satu kegiatan prioritas pemerintah daerah sesuai dengan instruksi Presiden Republik Indonesia (RI), terutama sebagai bentuk investasi Program KB yang manfaatnya secara langsung diterima oleh masyarakat.

“Kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program KKBPK secara utuh dilapangan, guna meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat,” ujar Edi.

Lebih lanjut Edi mengatakan tujuan terbentuknya kampung KB merupakan salah satu upaya atau dorongan pemerintah daerah dalam upaya pelaksanaan total program KKBPK secara utuh dengan melibatkan seluruh stakholders terkait, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), mitra kerja dan masyarakat guna meningkatkan kualitas hidup keluarga serta kesehatan masyarakat.

“Pemerintah Daerah terus lakukan upaya-upaya yang berkesinambungan dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat di setiap desa, tentunya selalu dilakukan evaluasi dan update data sehingga program KKBPK dapat memberikan manfaat,” ujarnya.

Edi mengatakan saat ini, jumlah kampung KB yang ada di Kabupaten Kukar sebanyak 38 buah, termasuk 4 kampung KB mandiri yaitu kampung KB di Desa Buana Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang, Desa Sungai Tempurung Kecamatan Muara Badak, Kelurahan Loa Tebu Kecamatan Tenggarong dan Desa Muara Siran Kecamatan Muara Kaman

“Saya mengharapkan terbentuknya kampung KB mandiri Metoh Halus Desa Muara Siran ini dapat menjadi percontohan untuk desa lain dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat khususnya desa-desa yang ada di kabupaten Kukar,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Adinur mengatakan, pembangunan kampung KB Mandiri Metoh Halus sesuai dengan arahan BKKBN pusat melalui provinsi, yang mana program KKBPK dilaksanakan untuk desa-desa yang dinilai masih tertinggal, sebagai percepatan capaiaan program KKBPK, peningkatkan kesejahteraan, mempercepat pembangunan dan perkembang daerah.

“Melalui kegiatan pencanangan kampung KB Mandiri Metoh Halus Desa Muara Siran dapat meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat yang lebih baik, menekan angka kelahiran lebih terkontrol, kesehatan masyarakat dapat meningkat,” katanya.

Untuk diketahui kegiatan tersebut diakhiri dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Kukar yang dilakukan di dalam Kantor Desa Muara Siran Kecamatan Muara Kaman. (Medsi 02)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Publik

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini5 pengunjung
Minggu Ini548 pengunjung
Bulan Ini2.549 pengunjung
Total Pengunjung6.398 pengunjung
Total Klik67.292 Kali