PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Ingin Kades Tingkatkan Perekonomian Desa

Ekonomi dan Pariwisata    1 bulan yang lalu   
Administrator    30 Kali

Sumber Foto: Bupati Kukar Edi Damansyah saat melantik sejumlah Kades beberapa Kecamatan di Tenggarong Seberang pekan lalu (prokom)

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah berharap para Kepala Desa se-Kukar dapat menciptakan seluas-luasnya akses bagi masyarakat desa untuk membuka kesempatan berusaha dan meningkatkan perekonomian desa.

"Hal ini agar cita-cita mensejahterakan masyarakat desa terwujud," ujar Edi sesaat usai melantik Kepala Desa hasil pemilihan Kades serentak, pekan lalu di balai pertemuan umum Tenggarong Seberang.

Selain itu, menurutnya Kades juga harus memiliki kepekaan, sehingga mampu menggali  persoalan-persoalan yang tengah dihadapi oleh masyarakat desa.

“Berbuatlah yang terbaik untuk kemajuan dan kemandirian desa yang selaras dengan visi misi Bupati Kukar dalam Gerbang Raja Jilid II yakni mewujudkan  Kukar yang maju, mandiri, sejahtera dan berkeadilan,” pintanya.

Edi juga meminta Komitmen Kades dalam mengatasi persoalan penangulangan kemiskinan melalui program bedah Rumah minimal 3 Rumah per Desa, memperluas akses pendidikan Usia dini, membantu upaya-upaya pencegahan dan penangulangan Stunting dan peningkatan infrastruktur. Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama. Hal ini terjadi karena asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.

Ada beberapa agenda jangka pendek yang harus diperhatikan oleh para Kades baru kata Edi, salah satunya adalah  memastikan kelengkapan berita serah terima jabatan dengan Kades yang lama karena berkaitan dengan data/bukti/laporan pelaksaan pemerintahan desa terutama aset, keuangan, rekening kas desa dan saldo kas desa tahun berjalan.

Kepala desa baru wajib menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa dalam waktu 3 bulan sejak dilantik. “Pastikan penyusunan RPJM- Desa  telah teranggarkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa dan bilamana belum teranggarkan  dalam RAPB Desa, maka lakukan kembali peninjauan RKP- Desa dan RAPB- Desa 2020," ujarnya.

Edi kemudian meminta  Kades untuk memastikan  tercantumnya kegiatan konvergensi pencegahan  Stunting  yang bersumber  dari Dana Desa di dalam RKP- Desa 2020.
“Laporan konvergensi pencegahan  Stunting  nantinya menjadi syarat  pencairan  Dana Desa Tahap III tahun 2020,” kata Edi mengakhiri.

Untuk diketaui, pada acara pelantikan Kades di Tenggarong Seberang itu terdiri dari 14 Orang kepala Desa dari Kecamatan Tenggarong Sebrang 1 orang Kepala Desa dari Kecamatan Tenggarong,  5 orang Kepala Desa Kecamatan Muara Kaman,  9 orang Kepala Desa Kecamatan  Sebulu,  9 Orang Kepala Desa Kecamatan Loa Kulu,  7 Orang Kepala Desa Kecamatan Loa Janan dan 3 orang Kepala Desa Kecamatan Samboja. (yuliati- Medsi03)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini1 pengunjung
Minggu Ini616 pengunjung
Bulan Ini2.537 pengunjung
Total Pengunjung9.727 pengunjung
Total Klik205.195 Kali