PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Publik

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Asisten II Buka Sosialisasi Kebijakan Persaingan Usaha

Ekonomi dan Pariwisata    1 bulan yang lalu   
   50 Kali

Sumber Foto: Asisten II Sukhrawardy, saat menghadiri pembukaan Sosialisasi Persaingan Usaha.

TENGGARONG -Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kutai Kartanegara (Kukar), H.M Sukhrawardy membuka sosialisasi Kebijakan Persaingan Usaha di Pendopo Wakil Bupati Kukar, Tenggarong, Senin (28/10) siang.

Kegiatan yang digelar oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah V Kalimantan yang berkantor di Balikpapan itu, diikuti peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Kukar. Dengan menghadirkan pemateri dari KPPU, M Hendry Setyawan dan Kharisma Desta Ardiansyah.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) V KPPU Kalimantan, M Hendry Setyawan mengatakan lembaga KPPU adalah lembaga independen yang dibentuk pada tahun 2000 untuk mengawasi pelaksanaan UU No.5/1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Berdasarkan UU tersebut, KPPU berwenang untuk melakukan penyelidikan dan/atau pemeriksaan atas kasus dugaan monopoli dan/atau persaingan usaha tidak sehat. Atas penyelidikan dan pemeriksaannya tersebut, KPPU juga berwenang menjauhkan sanksi administratif kepada pelaku usaha yang terbukti melanggar ketentuan UU ini. "Tugas utama KPPU adalah melakukan advokasi kebijakan, penegakan hukum, merger, dan pengawasan kemitraan. Keempat tugas pokok tersebut tentunya menjadi tugas yang dijalankan oleh KPPU saat menemukan persaingan usaha tidak sehat," kata Hendry.

Bupati Kukar dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten II Sukhrawardy, mengapresiasi pada kegiatan tersebut, diharapkan dapat memberikan pemahaman dan menambah wawasan kepada peserta. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat Kukar, khususnya aparatur penyelenggara Pemkab Kukar tentang peran penting KPPU dalam pembangunan. "Sehingga pada akhirnya kita bersama-sama dapat melaksanakan pemerataan pembangunan dengan salah satunya, menyusun kebijakan persaingan usaha yang sehat untuk mendorong investasi di Kukar," harapnya.

Kemudian disampaikannya, semakin besar sebuah usaha, maka semakin dibutuhkan SDM yang handal sehingga akan muncul lapangan pekerjaan baru dan dari situlah tingkat kemiskinan pun dapat dikurangi. "Semakin besar sebuah usaha atau perusahaan, semakin besar pajak yang diterima oleh pemerintah. Sehingga negara memiliki Budget (anggaran) yang memadai untuk melakukan pembangunan yang berefek langsung pada peningkatan perekonomian," tambahnya. Usai acara pembukaan, Asisten II Sukhrawardy menerima cenderamata berupa Plakat KPPU dari Kakanwil V KPPU Kalimantan, M Hendry Setyawan bersama Kepala Bidang Kajian dan Advokasi KPPU, Kharisma Desta Ardiansyah. (Abdul Rahman/medsi05)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Publik

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini6 pengunjung
Minggu Ini549 pengunjung
Bulan Ini2.550 pengunjung
Total Pengunjung6.399 pengunjung
Total Klik67.344 Kali