PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Publik

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

BETULUNGAN atau GOTONG ROYONG ALA MUARA MUNTAI

Citizen Journalism    3 tahun yang lalu   
   1257 Kali

Sumber Foto:

Muara Muntai - Luasnya wilayah Kutai Kartanegara 27.263.10 Km2 merupakan tantangan dalam pembangunan infrastruktur secara serentak, pembangunan di lakukan secara bertahap untuk menjangkau semua wilayah. Partisipasi dari berbagai elemen dan masyarakat sangat membantu percepatan pembangunan. 

Kepala Desa Muara Muntai Ulu bapak Sopan Sopian dengan istilah "BETULUNGAN" mengambil inisiatif mengerahkan warganya melakukan aktivitas gotong royong membangun jalan yang menjadi urat nadi aktivitas masyarakat di Muara Muntai menuju ibu kota kabupaten dan propinsi.

Tradisi gotong royong yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia masih terjaga di masyarakat Muara Muntai. Akses jalan antara kecamatan Muara Muntai dan Muara Wis menjadi urat nadi kehidupan masyarakat Muara Muntai dan sekitarnya yang selama ini masih berupa badan jalan selalu mengalami kesulitan saat musim hujan, kondisi jalan susah dilewati akibat berlumpur saat musim penghujan. Akses jalan itu adalah Dusun Kuyung menuju Oloi dan Kayu Batuq yang jarak tempuhnya sekitar 3 Km sebelum menyeberang ke ibu kota kecamatan Muara menjadi akses utama transportasi masyarakat di 13 Desa masyarakat Muara Muntai.
Terdapat sekitar 200 meter badan jalan tanah yang kondisinya susah di lewati saat musim penghujan. Inisiatif bapak Sopan Sopian mengumpulkan warganya untuk memecahkan masalah tersebut. Hasil terkumpul dana untuk membeli material baru sebanyak 4 Truck batu gunung.

Di luar dugaan tidak hanya warga desa Muara Muntai Ulu saja yang berpartisipasi, namun masyarakat sekitar kecamatan Muara Muntai juga turut serta. Sebanyak 100 orang warga dengan sukarela "BETULUNGAN" atau gotong royong melakukan pekerjaan menghampar batu gunung di jalan yang berlumpur. Hanya dalam waktu sehari batu gunung sebanyak 4 truck berhasil di hampar di jalan yang berlumpur sepanjang 100 meter dari kondisi jalan sepanjang 200 meter yang rencana di kerjakan. Untuk mengumpulkan kekurangan material batu gunung. Bapak Sopan Sopian akan menggalang simpatisan dan mengumpulkan material agar sepanjang jalan 200 meter yang berlumpur saat di musim penghujan dapat dilakukan pengerasan dengan menggunakan batu gunung sehingga aman di lalui pengendara.

 


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Publik

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini76 pengunjung
Minggu Ini619 pengunjung
Bulan Ini2.620 pengunjung
Total Pengunjung6.469 pengunjung
Total Klik68.755 Kali