PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Publik

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Direktori "Juli 2009"


  • Acara Pembukaan

    Pendidikan    10 tahun yang lalu    Noviyanto Rahmadi    539 Kali

    TENGGARONG – Duta Besar Saudi Arabia untuk Indonesia HE Abdulrahman Moh Amin Alkhayyat yang datang Ke Tenggarong Kutai Kartanegara (Kukar) yang sempat menghadiri upaca Bepelas malam ke empat di Museum Mulawarman , memberikan Cinderamata Kepada Sultan Kutai HM Salehoeddin II dan Pj Bupati H Sjachruddin.Penyerahan cinderamata tersebut dilakukan saat makan malam bersama usai pelaksanaan upacara adat sakral Bepelas Rabu (29/7) malam lalu.

  • Dubes Saudi Arabia Tertarik Potensi Kukar

    Pendidikan    10 tahun yang lalu    Noviyanto Rahmadi    681 Kali

    TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) hari ini (1/8) akan melakukan pertandingan persahabatan Sepak Bola melawan Kaltim Post Group (KPG), di Stadion Madya Tenggarong Seberang.

  • Lima Menit “Jaja” Ludes

    Sosial Budaya    10 tahun yang lalu    Noviyanto Rahmadi    409 Kali

    TENGGARONG - Penutupan Pesta Adat dan Budaya Erau Kutai Kartanegara (Kukar) ditandai dengan Merebahkan Ayu Pada 3 Agustus. Namun sebelum Merebahkan Ayu ada prosesi yang ditunggu-tunggu masyarakat yaitu Mengulur Naga, Minggu besok (2/8) yang dirangkai dengan Belimbur (saling siram air). Upacara adat Mengulur Naga tersebut juga dirangkai dengan ritual adat lainnya diantaranya Beumban dan Begorok.Kabag Humas dan Protokol Setkab Kukar Sri Wahyuni mengatakan, Mengulur Naga dilakukan di halaman Museum Mulawarman atau Keraton Kesultanan Kutai sekitar pukul 10 pagi.“Sebelum Naga diturunkan ada pembacaan riwayat singkat tentang Naga tersebut dan sambutan dari Pj Bupati dan Gubernur,” papar Sri.

  • Hari ini Pemkab Kukar dan Kaltimpost Bertanding Sepak Bola

    Pemerintahan    10 tahun yang lalu    Noviyanto Rahmadi    536 Kali

    TENGGARONG – Dinas Perikanan dan Kelautan kabupaten Kutai Kartanegara ikut memeriahkan festival adat erau tempong tawar 2009, dengan menyelenggarakan lomba memancing yang berada di sepanjang pinggir sungai Mahakam. Lomba memancing tersebut dibuka langsung oleh sekretaris daerah (sekkab) Kukar Hariyanto Bachroel ditandai dengan pelepasan secara simbolis tujuh (7) ekor ikan emas, dengan total keseluruhan ikan yang dilepas di sungai Mahakam mencapai 1000 ekor lebih.

  • Acara Pembukaan

    Pemerintahan    10 tahun yang lalu    Noviyanto Rahmadi    445 Kali

    TENGGARONG- Seperti biasanya pada pelaksanaan Erau, saban malam dilakukan Upacara adat sakral Bepelas di Ruang Setinggil Keraton atau Museum Mulawarman yang diawali dengan rangkaian tari-tarian yang dilakukan oleh Kerabat Kesultanan Kutai Kartanegarta (Kukar) serta para Dewa bini.Bunyi gamelan mengalun lembut mengiringi tarian tersebut, sementara 4 orang pria sambil mengenakan hiasan kepala berwarna hitam, kuning dan merah, sementara ditangan kanannya memegang gada tampak menari mengitari Tiang Ayu pada Bepelas malam ke empat, Rabu (29/7) malam lalu.Tidak seperti Bepelas malam sebelumnya, dua dari empat penari tersebut adalah Pj Bupati Kukar H Sjachruddin dan duta besar Saudi Arabia untuk Indonesia HE Abdulrahman Moh Amin Alkhayyat yang didaulat untuk menari Ganjur (Beganjur ) bersama kerabat Kesultanan Kutai.Tarian Beganjur ini merupakan salah satu rangkaian dalam upacara adat Bepelas yang dilakukan tiap malam di Keraton Kutai Kartanegara ing Martadipura selama berlangsungnya Erau, yang bermakna meronda atau menjaga Tiang Ayu.

  • Duta Besar Arab Saudi di Daulat Menari Beganjur Bersama

    Sosial Budaya    10 tahun yang lalu    Noviyanto Rahmadi    530 Kali

    TENGGARONG – Masih dalam rangka memeriahkan Festival Erau Adat Tempong Tawar 2009, berbagai macam kegiatan ditampilkan untuk memeriahkan erau. Sebut saja salah satunya Bank BRI cabang Tenggarong selama tiga malam mulai dari Senin malam 28-30 Juli 2009 bertajuk pesta rakyat BRI. Pesta rakyat ala bank BRI tersebut berlangsung di stadion madya kecamatan Tenggarong seberang.

  • Dubes Saudi Arabia Kagum Dengan Keunikan Seni Budaya Kukar

    Sosial Budaya    10 tahun yang lalu    Noviyanto Rahmadi    533 Kali

    TENGGARONG-Sekitar 48 peserta lomba balap ketinting atau ces yang berasal dari enam (6) kecamatan, dimana masing-masing kecamatan seperti kecamatan muara Muntai menurunkan 16 peserta, Kota Bangun 10 peserta, Sanga-sanga 5 peserta, Tenggarong 4 peserta, Loa Janan 9 peserta dan terahir Muara Kaman 2 peserta.

  • Tiap Malam Stadion Madya Dikunjungi Ribuan Pengunjung

    Pemerintahan    10 tahun yang lalu    Noviyanto Rahmadi    396 Kali

    TENGGARONG – Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia HE Abdurrahman Moh Amir Al Khayyat menyempatkan mengunjungi Lamin Miau Pulau Kumala Tenggarong, Rabu (29/7) kemarin. Rombongan Kedubes Arab Saudi dan Unsur Muspikab Kukar setibanya di (Lamin, Red) disambut pengalungan kalung dan 3 (tiga) tarian, yakni tari Masake, tari Enggang, dan tari Perang yang dibawahkan 70 penari Dayak Kenya pedalaman Kutai Kartanegara (Kukar).

  • Pj Bupati Lepas Balap Perahu Ketinting Ramaikan Erau

    Pemerintahan    10 tahun yang lalu    Noviyanto Rahmadi    732 Kali

    TENGGARONG- Duta Besar Saudi Arabia untuk Indonesia HE Abdulrahman Moh Amin Alkhayyat terkesan ketika mengunjungi Kutai Kartanegara (Kukar).Dikatakannya, dari perjalanannya ke Tenggarong melewati jalan darat, lalu sesampianya di Kota raja diajak mengelilingi pulau kumala dengan kapal diatas sungai mahakam banyak hal yang bisa membuat kerjasama antara pengusaha Arab Saudi dengan Kukar.“Saya liat dalam perjalanan ke sini (Tenggarong.red) banyak hal yang bisa membuat kita bekerja sama, terutama dibidang pertanian khususnya untuk jagung dan padi,” ungkapnya dalam bahasa Inggris saat ditemui disela-sela makan malam bersama Muspida Kukar di Pendopo Odah Etam, Rabu (29/7) lalu. Abdulrahman Alkhayyat mengatakan bahwa kelompok pengusaha Arab Saudi memiliki usaha diberbagai belahan dunia. Kelompok pengusaha tersebut dalam waktu dekat akan berkunjung ke Indonesia. Lalu dirinya akan merekomendasikan kepada pengusaha tersebut untuk berinvestasi di Kukar.

  • 70 Penari Sambut Dubes Arab Saudi di Lamin Miau Pulau Kumala.

    Pemerintahan    10 tahun yang lalu    Noviyanto Rahmadi    578 Kali

    RATUSAN warga tampak berderet di sepanjang tepian sungai jl S Parman antara Jembatan Bongkok sampai Jembatan Besi Tenggarong, Kamis (31/7) kemarin. Lukman, salah seorang warga Loa Kulu yang ambil bagian diantara kerumunan warga tersebut mengaku ingin ikut merasakan bagaimana rasanya mengambil aneka Jaja (Kue) Khas Kutai yang disuguhkan diatas Gubang (perahu) dalam rangka memeriahkan Erau itu.

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Publik

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini72 pengunjung
Minggu Ini594 pengunjung
Bulan Ini2.440 pengunjung
Total Pengunjung6.289 pengunjung
Total Klik64.337 Kali