img
img

BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Kesbangpol Kukar Gelar Sosialisasi Netralitas Bagi ASN

date_range 12 Februari 2019 | Oleh : Medsi02
Kesbangpol Kukar Gelar Sosialisasi Netralitas Bagi ASN

FOTO Sekda Kukar H Sunggono saat membuka sosialisasi tentang Netralitas ASN Pada Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019 di Hotel Grand Elty Singgasana.(jpg)

TENGGARONG -Guna memberikan pengertian dan pemahaman kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tetap menjaga netralitasnya dalam penyelenggaraan pemilihan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar sosialisasi tentang Netralitas ASN Pada Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019 di Hotel Grand Elty Singgasana, Selasa (12/2/2019).
 
Plt Kaban Kesbangpol Kukar Rinda Desianti mengatakan kegiatan sosialisasi tersebut mengangkat tema "Dengan Netralitas ASN Kita Sukseskan Pemilu Serentak Tahun 2019 Yang Partisipatif Dan Demokratis Di Kabupaten Kukar". "Kegiatan ini diikuti 150 ASN dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kukar," ujarnya.
 
Lebih lanjut dikatakannya target pemerintah dan KPU berkenaan partisipasi masyarakat dalam pilkada berada pada 77,5 persen, namun melihat hasil evaluasi tingkat partisipasi masyarakat dalam pilkada dan pemilu di Kabupaten Kukar pada pileg tahun 2014 sebesar 68,46%, pilbup Kukar Tahun 2015 sebesar 58,93% dan pilgub Kaltim tahun 2018 sebesar 60,44%, target pemerintah dan KPU tersebut masih sangat jauh. Untuk itu, ia berharap melalui sosialisasi tersebut dapat meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilihan umum tahun 2019.
 
Sementara itu, Plt Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutan tertulis dibacakan Sekretaris Kabupaten Kukar H Sunggono mengatakan salah satu barometer keberhasilan pelaksanaan pemilu adalah tingginya tingkat partisipasi pemilih. Untuk itu, ia berharap peran ASN untuk ikut melakukan sosialisasi yang masif dalam rangka meningkatkan angka partisipasi masyarakat.
 
Sebagai bentuk netralitas, ia juga mengingatkan kepada seluruh ASN Kukar untuk tidak menggunakan aset pemerintah dalam pelaksanaan kampanye, kemudian membantu pemerintah untuk menyebarkan informasi dan mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya, kemudian seluruh ASN agar dapat memberikan hak pilihnya secara bebas dengan tetap menjaga netralitasnya. Dan hal yang juga sangat penting yaitu agar ASN bisa menjaga kondusifitas daerah yang menjadi syarat utama dalam menjamin berjalannya seluruh proses kehidupan masyarakat dan pembangunan.
 
Adapun narasumber dalam kegiatan tersebut Sekda Kukar H Sunggono dengan judul netralitas ASN dalam pemilu serentak 2019. Kemudian dari KPU Kukar Misran dengan judul ketentuan perundang-undangan dan tahapan penyelenggaraan pemilihan umum serentak tahun 2019. Selanjutnya dari Bawaslu Kukar Sopian dengan judul pengawasan atas penyelenggaraan pemilihan umum serentak tahun 2019. (Medsi02)

Terkait

BERITA Lainnya