img
img

BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Pemkab Berencana Buat Aturan Agar Perusahaan Wajib Membeli Produk Lokal

date_range 19 Oktober 2018 | Oleh : medsi02
Pemkab Berencana Buat Aturan Agar Perusahaan Wajib Membeli Produk Lokal

FOTO Plt Bupati Kukar Edi Damansyah

TENGGARONG - Plt Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah berencana akan membuat peraturan agar seluruh perusahaan yang beroperasi di wilayah Kukar wajib membeli produk lokal.

Hal tersebut menurut Edi sebagai upaya melindungi masyarakat, khususnya terhadap hasil panen dan produk lainnya.

"Ini juga salah satu upaya menjawab tantangan mengenai masalah pemasaran yang dikeluhkan oleh petani nelayan dan usaha rumah tangga lainnya di Kukar," ujar Edi saat meluncurkan sekaligus panen perdana tanaman hidroponik kelompok pemuda tani Idza Jaya desa Purawajaya Loa Janan, Selasa (16/10) di Purwajaya.

Sebagai tindak lanjut konsep tersebut, Edi mendorong Badan usaha Milik Desa (Bumdes) setempat berperan dalam pemasaran tersebut, yaitu membeli dari petani atau masyarakat untuk disalurkan ke perusahaan.  

"Jadi perusahaan harus bekerjasama dengan Bumdes. Ini bentuk perlindungan kita kepada masyarakat. Saya menuntut komitmen dunia usaha untuk bantu kami agar mengutamakan produk hasil setempat. Saya akan terus bicara ini sebelum perusahaan tandatangani kerjasama dengan Bumdes kami di desa-desa," tegasnya.

Mengenai kekhawatiran pihak perusahaan tentang keberlanjutan ketersediaan bahan yang dipasok dari masyarakat setempat, Edi mengatakan akan mengawal dan menjamin kelangsungan produksi melalui pemerintah setempat bersama KTNA, dan petani atau masyarakat juga menjaga komitmen ini. 

"Perusahaan khawatir jika sudah kerjasama nanti tidak terpenuhi siapa yang bertanggung jawab. Kami optimistis karena rakyat juga membutuhkan, maka masyarakat akan perhatikan ini. Mudahan ada sistem yang terbangun dari pihak Bumdes, kelompok tani dan perusahaan, mudahan di Purwajaya ini mengawalinya dan mejadi role model," harapnya.

"Jika ini terlaksana, maka petani-nelayan dan masyarakat tak perlu pusing harus menjual kemana produk mereka, hal ini yang kita kehendaki," demikian harapnya.

Terkait

BERITA Lainnya